Kamis, 21 April 2016

E-commerce

E-COMMERRCE
.PENGERTIAN:
adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis

Model-Model E-Commerce di Indonesia
1.            Iklan Baris, merupakan salah satu bentuk e-commerce yang tergolong sederhana, bisa dianggap sebagai evolusi dari iklan baris yang biasanya ditemui di koran-koran ke dalam dunia online. Penjual yang menggunakan social media atau forum untuk beriklan, biasanya tidak bisa langsung menyelesaikan transaksi pada website yang bersangkutan. Namun penjual dan pembeli harus berkomunikasi secara langsung untuk bertransaksi. Contoh iklan baris: OLX.co.id (sebelumnya Tokobagus), Berniaga, dan FJB-Kaskus.
2.            Retail, merupakan jenis e-commerce yang di mana semua proses jual-beli dilakukan melalui sistem yang sudah diterapkan oleh situs retail yang bersangkutan. Oleh karena itu, kegiatan jual-beli di retail relatif aman, namun biasanya pilihan produk yang tersedia tidak terlalu banyak, atau hanya fokus ke satu-dua kategori produk. Contoh retail: Berrybenzka, Zalora, dan Lazada.
3.            Marketplace, bisa dianggap sebagai penyedia jasa mall online, namun yang berjualan bukan penyedia website, melainkan anggota-anggota yang mendaftar untuk berjualan di website marketplace yang bersangkutan. Marketplace umumnya menyediakan lapisan keamanan tambahan untuk setiap transaksi yang terjadi, seperti sistem pembayaran escrow atau lebih umum dikenal sebagai rekening bersama. Jadi setiap terjadi transaksi di dalam sistem marketplace tersebut, pihak marketplace akan menjadi pihak ketiga yang menerima pembayaran dan menjaganya hingga produk sudah dikirimkan oleh penjual dan diterima oleh pembeli. Setelah proses pengiriman selesai, barulah uang pembayaran diteruskan ke pihak penjual.

.STRATEGI PEMESARAN DALAM E-COMMERCE:
1.            daur hidup produk
2.            posisi persaingan perusahaan di pasar yang memanfaatkan e-commerce
3.            situasi ekonomi
4.            penggunaan media online
1).STRATEGI PEMASARAN BERDASARKAN KEBUTUHAN
•             merangsang kebutuhan primer dengan menambah jumlah pemakai \
•             merangsang kebutuhan primer dengan memperbesar tingkat pembelian
•             merangsang kebutuhan selektif dengan mempertahankan pelanggan yang ada
•             merangsang kebutuhan selektif dengan menjaring pelanggan baru
2).STRATEGI PEMASARAN BERDASARKAN MEDIA YANG DI GUNAKAN
•             search engine
•             optimalisasi google maps
•             kampanye pay per click
•             promosi dimedia sosial
•             penggunaan blog
•             penggunaan video marketing
•             surat kabar digital

3).MENGGUNAKAN AFILIASI PEMASARAN UNTUK MEMPROMOSIKAN WEBSITE E-COMMERCE
               afiliasi pemasaran adalah usaha perolehan pendapatan antara pengiklan online dengan pedang dalam penjualan online.afiliasi pemasaran telah menjadi kontributor untuk dapat bangkit dari sebagian besar perusahaan online,termasuk amazone.com,tokopedia.com,lazada.com,dll
jika anda ingin mencari tambahan penghasilan sambil sekolah maka afiliasi pemasaran ini merupakan salah satu caranya.anda dapat tetap setia dengan satu pedagang atau berafiliasi dengan banyak pedagang.
4).EBMEMBUAT WSITE E-COMMERSE DENGAN APLIKASI OPENSOURCE
>    manfaat e-commerse secara umum
1.            perluasan jangkauan geografis, perluasan basis pelanggan
2.            meningkatkan visibilitas memalui search engine marketing (SEM)

3.            memberikan informasi berharga tentang bisnis anda kepada pelanggan, tersedia selama 24                  jam dalam 1 hari/ 7 hari dalam seminggu /365 dalm setahun tidak pernah tutup.
ARSITEKTUR DAN KONFIGURASI SISTEM
    arsitektur dasar dari aplikasi web ini adalah arsitektur client/server.artinya pemrosesan aplikasi ini dijalankan melibatkan kedua sisi yakni sisi mesin server dan sisi client.
 a).Stateless web server
     untuk aplikasi e-commerce ini web server harus dapat mengngat siapa/identitas pengguna yang sedang browsing setiap halaman .agar sebuah website memunyai memori/state dalam hal aplikasi ini mampu mengingat "siapa memesan apa" beberapa informformasi yang mengidentifikasi pengguna harus dikirim dengam setiap request halaman web.
2). Konfugurasi sustem dan tool yang digunakan
     masalah lain dalam aplikasi ini adalah mengenai aspek keamanan dalam memperoleh informasi dari pengguna, terutama data mengenai penggunaan kartu kredit.
a).enkripsi puplik key/privat key
    siapa yang ingin melakukan komunikasi terhadap sebuah mesin secara secure akan memiliki salinan dari public key. kemudian diperlikan private key yang bersifat rahasia untuk dapat membaca membaca informasi yang diterima dari pengirim data.
b).sertifikat
    pesan terenkripsi yang dikirim dan diterima akan memiliki semacam 'signature' dan verifikasi selanjutnya dilakukan bertahap.
c).secure protocol
    protokol HTTP secara alamiah bersifat terbuka terhadap penyusupan. paket-paket data yang melintas melalui router dapat disadap atau dibaca.
3).pemprosesan kartu kredit 
    pemprosesan kartu kredit dilakukan oleh perusahaan yang khusus untuk itu,tehadap beberapa nama perusahaan yag cukup dikenal, namun semua memiliki kesamaaan cara kerja.kode  PHP disini berfungsi untuk membandikan kode yang diterima dengan nilai yang dapat sebelum agen pemprosesan.
4).menggunakan aplikasi e-commerce
    bayak aplikasi e-commerce yang dapat kita gunakan mulai dari yang berbayar hingga yang gratisan atau berstatus opensource.Aplikasi e-commerce yang dapat kita download antara lain:Magento, e-commerce , prestashop,opencart, dan lain lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar